Monday, July 18, 2016

MENELADANI KEWIRA'INAN KH. M. MA'RUF IRSYAD KUDUS


Diriwayatkan oleh H. A. Muttaqin Waka Kesiswaan MTs. NU TBS Kudus. Pernah suatu ketika ada acara besar di madrasah TBS dan pak Taqin sebagai penanggungjawab acara. Salah satu pengisi acaranya adalah KH. Ma'ruf Irsyad guru sepuh TBS. Menjelang acara pak Taqin berangkat menjemput Yai Ma'ruf menuju madrasah Mu'allimat tempat dimana beliau sedang mengajar.
Selesai acara, pak Taqin menawarkan beliau untuk diantar pulang ke dalem beliau saja karena dalem beliau letaknya berada sebelum Mu'allimat dan sepeda onthel di Mu'allimat yang beliau pakai berangkat mengajar biar nanti diantar pak Taqin ke dalem beliau. Maksud pak Taqin biar beliau tidak repot naik sepeda kembali ke dalem, namun tawaran pak Taqin beliau tolak. "Jangan! antar kembali ke Mu'allimat saja. Onthel itu pinjaman saudara saya untuk keperluan saya mengajar. Kalau kamu naiki untuk dikembalikan ke rumah berarti saya meminjamkan barang pinjaman tanpa izin pemiliknya. Repot sedikit tidak apa yang penting tidak dosa".
Subhanallah betapa beliau begitu kuat dalam menjaga amanah. Wal 'iyaadzu Billah betapa sering kita tidak menjaga sifat wara' kita sehingga mudah sekali meminjamkan barang pinjaman tanpa izin pemiliknya.
Semoga kita bisa meneladaninya sifat wira'i Syaikhina wa Syaikhikum dan semoga amal baik beliau diterima serta mendapat pahala berlipat ganda.

Sumber : Abi Nala wa Bimbim

No comments:

Post a Comment